Pengertian Dasar Audio
Audio berarti “suara” atau “reproduksi suara”. Dalam ilmu fisika, suara adalah bentuk energi yang dikenal sebagai energi akustik. Secara
khusus, mengacu pada rentang frekuensi yang dapat dideteksi oleh
telinga manusia – sekitar 20Hz to 20kHz. Frekuensi 20Hz merupakan nada
suara terendah (bassiest) yang kita bisa dengar, dan 20kHz merupakan
nada tertinggi yang kita bisa dengar.
Lingkup
kerja audio meliputi produksi, perekaman, manipulasi dan reproduksi
gelombang suara. Untuk memahami audio Kita harus memiliki pemahaman
tentang dua hal:
- Sound Waves: Apa arti sound waves, bagaimana terjadinya dan bagaimana kita dapat mendengarnya.
- Sound Equipment: Mengenai komponen-komponennya, cara kerjanya, bagaimana memilih peralatan yang benar dan cara penggunaannya.
Untungnya hal itu tidak terlalu sulit. Teori audio lebih sederhana daripada teori video.Catatan Teknis:
Lingkup Kerja Audio
Lingkup
kerja audio sangatlah luas, dengan berbagai bidang spesialisasi. Mulai
dari hanya sekedar hobby hingga profesional. Secara umum lingkup kerja
audio meliputi:
|
|
Selain
itu, banyak profesi lain yang memerlukan tingkat kemahiran audio.
Sebagai contoh, operator kamera video harus tahu tentang audio untuk
dapat merekam suara berkualitas baik dengan kamera mereka.
Berbicara
tentang pembuatan video, harus diakui pentingnya audio dalam film dan
video. Kesalahan umum di kalangan amatir adalah hanya berkonsentrasi
pada visi dan mengasumsikan bahwa selama bekerja mikrofon audio akan baik-baik saja. Namun, audio yang baik, membutuhkan keterampilan dan usaha.
Kebanyakan
pekerjaan dalam produksi audio membutuhkan semacam keahlian khusus,
apakah itu micing pada drum kit, atau menciptakan efek suara sintetis.
Sebelum kita melangkah lebih lanjut untuk mempelajari tugas-tugas
tertentu, Kita harus memastikan bahwa Kita memiliki lkitasan pengetahuan
umum dalam prinsip-prinsip suara. Setelah Kita melakukan PR ini dengan
baik, Kita akan ditempatkan untuk memulai spesialisasi.
Hal pertama yang harus kita kuasai adalah dasar teori gelombang suara (Sound Waves)…
Bagaimana Sound Waves Bekerja
Sebelum Kita mempelajari bagaimana peralatan sound bekerja, sangat penting untuk memahami kerja gelombang suara. Pengetahuan ini akan menjadi dasar dari segala sesuatu yang akan Kita lakukan di bidang audio.
Gelombang
suara terjadi sebagai variasi tekanan dalam sebuah media, seperti
udara. Ia tercipta dari bergetarnya sebuah benda, yang menyebabkan udara
sekitarnya ikut bergetar. Udara yang bergetar kemudian diterima oleh
telinga, menyebabkan gendang telinga manusia bergetar, kemudian otak
menafsirkannya sebagai suara.
Gelombang
suara berjalan melalui udara, sama seperti gelombang yang terjadi di
air. Bahkan, gelombang air lebih mudah untuk dilihat dan dimengerti, hal
ini sering digunakan sebagai analogi untuk menggambarkan bagaimana
gelombang suara berperilaku.
Gelombang suara juga dapat
ditampilkan dalam stkitar grafik XY. Hal ini memungkinkan kita untuk
membayangkan dan bekerja dengan gelombang dari sudut pkitang matematika.
Perhatikan, bahwa suatu grafik
gelombang berbentuk dua dimensi, tetapi di dunia nyata gelombang suara
berbentuk tiga-dimensi. Grafik menunjukkan gelombang bergerak sepanjang
jalan dari
kiri
ke kanan, tapi kenyataannya perjalanan gelombang suara bergerak ke
segala arah menjauhi sumber. Kira-kira sama seperti riak air yang
terjadi ketika kita menjatuhkan sebuah batu ke dalam kolam. Namun model
2-dimensi ini, cukup dapat menjelaskan tentang bagaimana suara bergerak
dari satu tempat ke tempat lain.
Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah : apa artinya ketika gelombang mencapai titik tertinggi atau titik rendah.
Pada
sinyal elektronik, nilai tinggi menunjukkan tegangan positif yang
tinggi. Ketika sinyal ini dikonversi menjadi gelombang suara, Kita dapat
membayangkan nilai-nilai tinggi tersebut sebagai daerah yang mewakili
peningkatan tekanan udara. Ketika gelombang menyentuh titik tertinggi,
hal ini berhubungan dengan molekul udara yang menyebar bersama-sama
secara padat. Ketika gelombang menyentuh titik rendah, molekul udara
menyebar lebih tipis (renggang).
Sekarang ada satu hal penting: Semua
pekerjaan audio adalah memanipulasi gelombang suara. Hasil akhir dari
pekerjaan Kita adalah rangkaian tekanan tinggi dan tekanan rendah dari
gelombang suara. Itulah mengapa sangat penting untuk memahami bagaimana
suara bekerja – karena suara adalah “materi” seni Kita.
Bagian-bagian Gelombang Suara
Semua gelombang memiliki sifat-sifat tertentu. Ada tiga bagian yang paling penting untuk audio :
Panjang gelombang: Jarak antara titik manapun pada gelombang (pada gambar ditunjukkan sebagai titik tertinggi) dan titik setara pada fase berikutnya. Secara harfiah, panjang gelombang adalah jarak yang digambarkan dgn huruf “T”.
Amplitudo: atau
kekuatan sinyal gelombang (intensity). Titik tertinggi dari gelombang
bila dilihat pada grafik. Amplitudo tinggi biasa disebut sebagai volume
yang lebih tinggi, diukur dalam dB. Nama perangkat untuk meningkatkan
amplitudo disebut amplifier.
Frequency: Frekuensi
waktu yang dibutuhkan oleh gelombang bergerak dari satu pase ke pase
berikutnya dalam satu detik. Diukur dalam herz atau cycles per second.
Semakin cepat sumber suara bergetar, semakin tinggi frekuensi.
Frekuensi
yang lebih tinggi ditafsirkan sebagai pitch yang lebih tinggi. Sebagai
contoh, ketika Kita menyanyi dengan suara bernada tinggi Kita memaksa
pita suara Kita bergetar lebih cepat.
Sistem Suara (Sound System)
Bekerja
dengan audio berarti bekerja dengan sistem suara (sound system). Tentu
saja, sangat banyak sound system yang tersedia dengan aneka aplikasi
yang berbeda, tergantung merk dan model. Namun, semua sound system
elektronik memiliki satu konsep yang sama, yaitu : Untuk
mengambil gelombang suara, mengkonversinya menjadi arus listrik dan
memanipulasi mereka sesuai yang diinginkan, kemudian mengubahnya kembali
menjadi gelombang suara.
Sebuah sistem suara sangat sederhana terdiri dari dua jenis komponen:
- Transducer – Perangkat yang mengubah energi akustik menjadi energi elektrik atau sebaliknya. Dua jenis transduser yang sering kita gunakan adalah mikrofon(yang mengubah energi akustik menjadi energi listrik) dan speaker (yang mengubah energi listrik menjadi energi akustik).
- Amplifier – Perangkat yang menerima sinyal dan meningkatkan kekuatannya (yakni meningkatkan amplitudo sinyal tersebut).
- Proses bermula dari sumber suara (seperti suara manusia, instrumen musik, dll), yang menciptakan gelombang suara (akustik energi).
- Gelombang ini dideteksi oleh transduser (mikrofon), yang merubahnya menjadi energi listrik.
- Sinyal listrik dari mikrofon sangat lemah, jadi harus diberikan penguatan.
- Loudspeaker mengubah sinyal listrik kembali ke gelombang suara, sehingga dapat didengar oleh telinga manusia.
Pada diagram sebuah sistem yang sedikit lebih rumit biasanya memiliki fungsi tambahan, yang meliputi:
- Sinyal prosesor – perangkat dan software yang memungkinkan manipulasi sinyal. Prosesor yang paling umum adalah tone adjuster seperti kontrol nada bass dan treble.
- Bagian Perekaman dan pemutaran – perangkat yang mengkonversi sinyal ke format penyimpanan tertentu untuk reproduksi lebih lanjut. Format perekam tersedia dalam berbagai bentuk, seperti pita magnetik, optik CD, hard drive komputer, dll.
- The audio signal from the transducer (microphone) is passed through one or more processing units, which prepare it for recording (or directly for amplification). Sinyal audio dari transduser (mikrofon) melewati satu atau lebih processing unit, yang kemudian menghasilkan out put untuk kemudian direkam (atau untuk di amplifikasi).
- Sinyal dihubungkan ke perangkat perekam untuk penyimpanan.
- Sinyal yang disimpan akan diputar kembali dan diolah lebih lanjut.
- Sinyal diperkuat dan dihubungkan kepada pengeras suara.
The 3-part audio model 3-bagian model audio
Salah satu cara sederhana untuk memvisualisasikan sistem audio adalah dengan membaginya menjadi tiga bagian: sumber, prosesor dan output.
- Sumber adalah tempat sinyal audio elektronik yang diterima. This could be a “live” source such as a microphone or electric musical instrument, or a “playback” source such as a tape deck, CD, etc. Bisa berasal dari sumber “live” seperti mikrofon atau alat musik elektrik, atau sumber “playback” seperti tape deck, CD, dll.
- Bagian pengolahan adalah tempat di mana sinyal dimanipulasi. “Amplifier”termasuk ke dalam bagian ini. contoh : graphic equaliser , left/right stereo balance, and amplifiers.
- Bagian output adalah tempat di mana sinyal diubah menjadi gelombang suara (oleh pengeras suara), sehingga dapat didengar oleh manusia. Output bisa berupa headphone atau loud speaker.
Sekarang
bayangkan sound system yang digunakan untuk konser stadion dengan
menggunakan daya multi-kilowatt. Walaupun ini merupakan sistem yang
kompleks, pada dasarnya sama, terdiri dari tiga bagian: Sumber (mikrofon, instrumen, dll),prosesor dan speaker.
Berapapun besaran skala proyek, prinsip-prinsip dasar yang sama akan tetap berlaku.
ituDewa Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen Super Ten | BlackJack
BalasHapusPROMO SPESIAL GEBYAR BULANAN ITUDEWA. KUMPULKAN TURNOVER SEBANYAK-BANYAKNYA DAN DAPATKAN HADIAH YANG FANTASTIS DARI ITUDEWA.
MAINKAN DAN MENANGKAN HADIAH TOTAL RATUSAN JUTA, TANPA DI UNDI SETIAP BULANNYA!
? DAIHATSU ALYA 1.0 D MANUAL ( Senilai Rp.100.000.000,- )
? New Yamaha Vixion 150 ( Senilai Rp.25.340.000,- )
? Emas Antam 10 Gram ( Senilai Rp.10.160.000,- )
? Free Chips 1.500.000
? Free Chips 1.000.000
? Free Chips 250.000
SYARAT DAN KETENTUAN : KLIK DISINI
DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA
1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa
=> Bonus Cashback 0.3%
=> Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
=> Bonus UPLINE REFERRAL UP TO 100.000!
=> Bonus New Member 10%
=> Customer Service 24 Jam Nonstop
=> Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)
• Deposit Via Pulsa, OVO & GOPAY
• Pusat Bantuan ituDewa
Facebook : ituDewa Club
Line: ituDewa
WeChat : OfficialituDewa
Telp / WA : +85561809401
Livechat : ituDewa Livechat